Android on Samsung Galaxy Spica ….

Android on Galaxy Spica
Android on Galaxy Spica

Rencana mengganti HP lama yang mulai rewel sudah ada sekitar 2 minggu lalu saat beberapa tombolnya sudah sulit berfungsi.. Sudah lebih dari 3 tahun HP lama saya nokia 6070 membantu menghubungkan saya dengan para kerabat dan relasi. Karena sudah mulai agak rusak dan teknologinya sudah jauh ketinggalan sudah saatnya di-pensiunkan alias sudah habis masa purna baktinya.

Sejak itu saya mulai search beberapa produk terbaik menurut reviewer yang mengulas kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kriteria pertama saya memilih HP adalah terjangkau (cukup murah), stabil, tersedia banyak Free Aplikasi, Ukuran layar yang lebih lebar,  ada service center resminya dan OS yang stabil dan terbukti tidak rewel.

Mungkin karena sebelumnya saya sudah punya dan pengalaman di HP Nokia dan Blackberry, maka saya tidak terlalu tertarik lagi… Harus ada fitur yang belum dimiliki oleh keduanya. Maka saringan pertamanya adalah OS Android. Kenapa harus Android….? Karena ia Open Source, tentunya dengan Open Source Harga HP menjadi lebih murah. selain itu karena OS-nya Free maka Aplikasinya rata-rata juga Free… juga dimungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut baik oleh komunitas maupun pribadi sendiri.

“Layar yang lebih lebar” menjadi kriteria selanjutnya, soalnya sudah sering di layar 2 inchi.  Akses website di layar ini merepotkan, sangat terbatas. padahal saya banyak pekerjaan yang membutuhkan akses ke website.

Kriteria selanjutnya harus ada Service Centre resmi terdekat. Hal ini akan lebih menjamin perawatan after sale-nya. Ada ahlinya, terutama saat Upgrade OS. seperti pengalaman saya dengan Samsung Galaxy Spica upgrade dari 1.5 ke 2.1 ditangani langsung oleh teknisinya. Sebenarnya bisa dilakukan sendiri tapi karena masih garansi dan mengurangi resiko lebih baik langsung ke service center.

Dari kriteria di atas akhirnya saya memilih Samsung Galaxy Spica i5700 . HP di kelas Smartphone yang paling sesuai dengan kriteria diatas. Paling murah dengan Fitur lengkap, layar 3,2 inchi, service center resmi ada di kotaku. juga merek ini dinobatkan sebagai Ponsel Android Terbaik 2010 saat penganugerahan Indonesia Cellular Award 2010 yang digelar di Jakarta Convention Center, Minggu (18/7/2010).

Sebenarnya ada lagi HP dengan fitur lebih baik. Saat di SIC 2000 tempat saya membeli HP, mereka menawarkan Milestone Motorola, Samsung Galaxy S, Experia Sony Ericcson… ke-3 HP ini bikin ngiler aja… hadoh… harganya itu lho… gak kuaat… melebihi harga laptop Lenovo B450-ku….

Check Also

IC3INA 2019

Pada tanggal 24 Oktober 2019 bertempat di Indonesia Convention and Exebhition BSD City mengikuti International ...

7 comments

  1. Wahhh…direview jg tuh hp baru 😀

  2. iya dong.. he2.. soalnya ada yang minta saran tu he2…

  3. klo boleh tau beli berapaan tuh? dmn?

  4. di SIC 2000 … di jl g bulusaraung makassar… 🙂 atau bisa langsung ke dealer terdekat..

  5. kira2 brapa harganya itu hp n d mana kira2 bagus beli klo d kota makassar? thanks before

  6. dulu saya beli harga 2.65jt … dulu belinya di SIC2000 . dari temen katanya sudah discontinue untuk sementara..

  7. mas mintak bantuanya ya da g ling buat flash galaxy spica
    lok ada shere dong, pleaseee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.