Sekilas tentang yahoogroups dan googlegroups

Sepanjang sejarah penggunaan mailing list di dunia ini yang terbanyak dan populer hanya ada dua, yaitu Yahoogroups dan Googlegroups. Yahoo Group lebih dulu ada pada tahun 1998 dan cepat sekali berkembang setelah mengakuisisi eGroups, yaitu salah satu layanan milis paling populer saat itu.

Tidak lama setelah itu Google Groups muncul setelah Google mengakuisisi Deja News tahun 2001 yaitu penyedia mesin pencari artikel newsgroup Usenet. Mungkin karena Yahoo! Groups hadir lebih dulu, tidak heran jika lebih banyak milis menggunakannya. Sebenarnya, mana yang lebih baik?

Dari pengalaman menggunakan yahoogroups kelebihan yang paling menonjol adalah :

  1. Secara umum Yahoo! Groups lebih dikenal karena lebih dulu ada.
  2. Yahoo! Groups memiliki fitur tambahan kalender, pemungutan suara (polling), dan basis data yang tidak dimiliki Google Groups.
  3. Yahoo! Groups memungkinkan pengaturan hak akses lebih detil untuk masing-masing peran (pemilik dan moderator).
  4. Yahoo! Groups menyediakan fitur penjawab otomatis (autoresponder) dan pengiriman berkas secara berkala. Google Groups tidak memiliki fitur ini.

Sedangkan googlegroups :

  1. Google Groups memiliki tampilan web yang mengelompokkan diskusi berdasarkan percakapan seperti model Yahoo! Groups menampilkan pesan secara individu, walaupun masing-masing pesan dilengkapi dengan tampilan struktur pohon balasan yang dibuat.
  2. Google Groups menyimpan lampiran email di arsip webnya, sedangkan Yahoo! Groups tidak.
  3. Google Groups memiliki limit 5MB untuk tiap-tiap email yang dikirimkan ke milis, sedangkan Yahoo! Groups hanya 750KB.
  4. Google Groups menampilkan iklan dalam bentuk yang tidak mengganggu, sedangkan Yahoo! Groups menampilkan spanduk (banner) iklan besar di bagian atas arsip webnya yang cukup mengganggu.
  5. Google Groups tidak menyertakan iklan pada tiap kirimannya, sedangkan Yahoo! Groups menyertakan iklan yang tidak mungkin dibuang.

Dari fitur yang ada di atas Google Groups cenderung lebih unggul dibanding Yahoo! Groups terutama karena pengelompokkan diskusi, penyimpanan lampiran, serta tidak menyertakan iklan pada emailnya.  Sayangnya, tidak ada alat atau cara untuk dapat memindahkan semua arsip Yahoo! Groups langsung ke Google Groups.

Check Also

Pembekalan Prakerin SMK

Kali ini diundang salah satu SMK untuk bercerita mewakili dunia industri Teknologi Informasi. Mereka yg ...

2 comments

  1. Nice Post as bro 🙂

  2. googlegroups memang lebih user experience

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.