Seri Belajar Joomla 3.3 : Bagian 4 Mengelola Content

Dulu, saat pertama kali mengenal joomla 1,6 rasanya jauh beda dengan versi 1.5. Perubahannya drastis bahkan boleh dikata kita belajar dari awal lagi mengenai CMS Joomla. Sampai pada joomla versi 2.5 saya cukup lama baru memahami cara menggunakannya. Nanti pada versi 3.x lebih serius lagi belajar mengenali jalan ceritanya.

content

Selain mengelola user, pada pengelolaan contentlah sangat terasa perubahannya. Bayangkan untuk menampilkan berita di halaman depan, ada tambahan 2-3 langkah lagi dibanding joomla versi 1.5. Dulu saya cukup mengisi judul, mengisi isi berita dan centang front page, beritanya sudah muncul di depan. Nah, pada joomla 1,6 ke atas tidak serta merta ada di depan. Ada settingan pada menu lain yang harus di atur.  Bagaimana caranya…?

mari kita mulai. Anggap user sudah login dan berada di halaman Control Panel Admin. klik menu Content, Article Manager lalu Klik New Article. Selengkapnya seperti gambar di bawah ini :

06Content

Minimal User mengetikkan Judul, isi berita dan aktifkan feature -> Yes. Setelah mengklik tombol save dan anda lihat di front page beritanya belum tampil. Ternyata secara default Joomla hanya menampilkan 1 article saja untuk front page. User harus mengubahnya di : Menus – main Menu. Select pada Home pilihan Article – Featured Article. Dengan pilihan ini article anda dapat muncul di depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *