Seri Belajar Joomla 3.3 : Bagian 3 Mengelola User

05UserManagerPada bagian 3 seri belajar joomla 3.3 ini mengenai mengelola user, yaitu setting user, menambah, mengatur hak akses user, mengubah group user, Mengatur module login form, mengubah password user dll. Untuk Menambah user terlebih dahulu login di backend web kemudian pilih menu Users – User Manager – add new user.

Input data minimal yang wajib diisi yaitu : Nama Lengkap, Nama Login, Password dan Email. Data lain dapat menyusul diisi saat sudah login nantinya. Yang membuat sistem regitrasi user di joomla lebih menarik adalah karena user dapat di arahkan ke group yang bisa kita tentukan sendiri. Secara default group yang tersedia adalah : Publik, guest, manager, administrator, Registered, Author, Editor, Publisher, Super Users, Customer Group, Shop Supplier.

Selain group di atas, Admin dapat menambah group baru dan menentukan akses apa saja yang dapat di berikan kepada user yang terdaftar dalam group baru itu. Ini yang tidak ada pada CMS lain. Salut buat developer Joomla. Two Thumbs.

Bagaimana menghapus user ? pada menu users – user manager centang kotak disebelah kiri baris user dan klik tombol delete. Apakah setelah menghapus user, content yang dibuat oleh user tersebut akan terhapus juga? pada saat saya menghapus user dan melihat daftar article ternyata articlenya masih ada tapi autornya menghilang.

Bagaimana membuat article..? tunggu pada tulisan berikutnya. to be continue…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *