Joomla Versi selanjutnya 1,7 Alpha Dirilis

Logo Joomla

Akhirnya niat merilis versi joomla secara teratur mulai terlihat. Tim developer  mengumumkan joomla 1.7 Alpha 1 sudah dapat di download sesuai jadwal tanggal 5 juni 2011. Seperti diketahui ini adalah rilis pertama yang dibuat dalam siklus enam bulan sejak  Joomla 1.6 dirilis pada bulan Januari tahun ini.
Rilis ini bertujuan untuk menguji kemajuan situs dan extension sehingga situs administrator dan pengembang dapat melaporkan setiap masalah sebelum rilis final. Selain itu untuk meningkatkan kesadaran bahwa akhir dari siklus pengembangan saat ini makin dekat.
Karena masih dirilis pada versi Alpha maka sebaiknya belum digunakan untuk membuat website sesungguhnya. Rencananya pada tanggal 10 Juli 2011 versi stabil akan dirilis. Maka pada masa  itu disusun jadwal sebagai berikut :

  • 5 Juni – Joomla alpha 1 dirilis untuk uji publik
  • 10 Juni – Fitur ditutup untuk mempersiapkan rilis beta
  • 13 Juni – Joomla beta 1 akan dirilis untuk uji publik
  • 27 Juni – Joomla beta 2 akan dirilis untuk uji publik
  • 4 Juli – Versi 11.1 Platform Joomla akan dirilis
  • 10 Juli – Joomla 1.7 stabil dirilis
  • 10 Agustus – Joomla 1.6 mencapai akhir kehidupan dan tidak lagi didukung
  • Januari 2012 – versi Berikutnya Joomla dirilis
  • April 2012 – Joomla 1.5 akan berakhir

Tim Developer akan bekerja sesuai jadwal dan bisa berubah tergantung pada ketersediaan sukarelawan dan situasi di luar prediksi. Lantas bagaimana cara upgrade ke Joomla 1.7? dari website resminya di joomla.org developer menyediakan Extension Manager yaitu cara meng-upgrade dari  Joomla 1.6.2 ke 1.6.3. Fitur ini tidak tersedia untuk versi alpha dari 1,7 Joomla.
Jika user menggunakan Joomla 1.5 maka perlu menggunakan komponen jUpgrade. Saat  Joomla 1.7 di rilis resmi yang stabil, migrasi bisa langsung dari Joomla 1.5 langsung ke Joomla 1.7, tidak perlu migrasi ke 1.6 baru ke 1.7.
Sampai saat ini fitur baru yang ada di Joomla 1.7 dan menjadi tujuan utama selanjutnya adalah memisahkan Platform Joomla dari CMS itu sendiri. Pemisahan ini sudah selesai bulan mei lalu. Platform Joomla baru mencakup banyak fitur baru yang akan menarik bagi pengembang.  Dibandingkan dengan rilis besar sebelumnya, seperti Joomla 1.5 dan Joomla 1.6, Joomla 1.7 tidak ada perubahan besar.
So.. Bagaimana dengan Joomla 1.6 ? bukankah baru saja dirilis awal tahun ini..?  tentu upgrade yang berdekatan tidak terjadi perubahan besar dan Joomla 1.7 adalah upgrade langsung dari Joomla 1.6. sejauh ini Joomla 1.6 akan tetap didukung untuk masalah keamanan yang kritis hanya untuk jangka waktu satu bulan setelah rilis Joomla 1.7. Setelah itu, hanya Joomla 1.5 dan Joomla 1.7 akan tersedia untuk di-download dan akan didukung oleh komunitas Joomla.
Buat user yang ingin terlibat dalam pengembangannya, kabar baiknya anda tidak  perlu menjadi seorang developer untuk membantu membangun Joomla. Tim Bug Joomla adalah salah satu tim yang paling aktif dalam proses pembangunan Joomla dan selalu mencari orang-orang (bukan hanya pengembang) yang dapat membantu dengan menyortir laporan bug, coding patch dan solusi pengujian. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam mempelajari  Joomla, dan juga cara yang bagus untuk bertemu tahu orang-orang dari seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *