Membangun Website dengan Joomla

joomla1Saat ini Makin banyak website dibuat dengan Joomla CMS. mungkin pula sistem ini sudah tidak asing lagi bagi insan IT yang sering mengikuti perkembangan teknologi tanah air.

Begitu populernya Aplikasi Open Source ini, banyak sekali buku-buku baru TI di Gramedia membahas tentang Joomla. Saya sempat ke Gramedia Mall Panakkukang dan MARI. Sekilas membaca daftar isi beberapa buku, hampir semua membahas joomla dari sudut yang sama. Paling umum membahas tentang penjelasan masing-masing menu.

Belum banyak buku yang membahas API-nya Joomla. FYI, API joomla ini sangat berguna untuk mengembangkan Joomla sesuai keingin dan spesifik untuk keperluan tertentu, misalnya Website utk kalangan akademik dan Universitas.

Banyak yang bisa di explore lebih lanjut dari Sistem yang terbuka ini. bahkan banyak pihak ke-3 yang mengembangkan Component, Modules dan Template Free. tinggal download dan pasang ke web. jumlahnya Ribuan dapat di download dari sumbernya di http://extensions.joomla.org. Untuk Makassar sudah ada komunitasnya di http://www.joomlatawwa.web.id (kebetulan saya juga yang mengelolanya). buat teman-teman yang tertarik dengan Joomla, mari bergabung di web. kami biasanya mengadakan jumpa darat sesama penggemar joomla di Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *