Ngopi dengan Pak Budi Rahardjo

Sangat Jarang Pak Budi Rahardjo menerima tawaran seminar yang jauh dari kota bandung, dan lebih jarang lagi dapat mengundangnya ngopi bareng di sela-sela kegiatan seminarnya. Alhamdulillah beliau menyempatkan sharing informal sambil ngopi dengan teman-teman TI di Makassar.

Beliau adalah blogger yang aktif menulis sejak awal tahun 2000-an, dibanding blog saya ini tidak ada apa-apanya. Beliau punya timing yang biasanya pas untuk menulis blog, setiap malam sejak tahun 2000-an sering menulis. Saya sempat bertanya bagaimana resepnya, menurut beliau sempatkan waktu untuk duduk di depan laptop setiap malam. Biasanya rekaman kegiatan sepanjang hari itu dapat dituliskan kedalam blog. Kadang juga ide tidak datang, dan pada saat itu Pak BR biasa berguman dalam hati “Wahai Ide datanglah, di malam ini saya sudah siap untuk menulismu”.

Ngopi_dgn_Pak_BR

Sepertinya faktor terbesar adalah beliau adalah seorang Dosen yang mengajar dalam kelas, menguji mahasiswa S1, S2 dan S3 di Fakultas Teknik Elektro ITB. Makin tinggi jam terbang mengajarnya tentu makin besar peluang untuk menuliskannya ke dalam blog meskipun banyak juga dosen yang sering mengajar tapi blognya jarang terupdate..

Saya juga dosen, Entrepreneur Teknologi Informasi dan blogger yang menulis sejak tahun 2008 tapi jumlah tulisanku masih 361 saat ini. masih jauh dari jumlah tulisan Pak BR yang mencapai 4000-an sejak 2002. Semoga saya daat mengikuti jejak beliau untuk aktif menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *