Indonesian IT Security Conference 2012

idsecconf 2012 kali ini bertempat di Makassar. Kebetulan diundang untuk berbicara dan berdiskusi pada materi diskusi panel seputar Smartphone dalam sebuah pilar 4k (kemudahan, keterbatasan, kesalahan, keuntungan).

Acaranya dimulai hari sabtu tanggal 9 Juni 2012 dengan keynote speaker pak Onno W Purbo yang menjelaskan tentang Open BTS. Penjelasannya secara teknis mulai dari persiapan alat, configurasi server sampai pendaftaran no HP. Semua Ilmunya ada di sini (http://opensource.telkomspeedy.com/wiki)

Indonesia Security Conference 2012

Tiba giliran saya yang mewakili Komunitas Android Makassar (lihat http://www.android-makassar.com) pada hari Minggu tanggal 10 Juni 2012 bertempat di Gedung PWI Jl. A.P. Pettarani Makassar. sebagai nara sumber diskusi panel bersama dengan dedengkot keamanan IT Indonesia ada : Hero ShvRootKit, Gustavo Ska dkk).

Thema tahun ini tentang Mobil Security, jadi sangat cocok dengan OS Smartphone Android. Ada beberapa materi sebelumnya yang menjelaskan keamanan di OS Android. Saya menyampaikannya dalam perspektif komunitas. Sebenarnya kami di Komunitas Android Makassar lebih tertarik ke arah Flashing, Injecting, Rooting dan sedikit Programming di dunia Android.

Di sisi Security meskipun beberapa pakar keamanan independen menyampaikan ada banyak mallware yang bergentayangan di aplikasi Android base. Secara langsung efeknya tidak terasa di komunitas. karena umumnya kami banyak ber-eksperimen di berbagai versi Android, lebih senang ngoprek versi. upgrade OS.

Titik pentingnya adalah pencegahan dari mallware ini, cara mengamankan Android dari mallware umumnya dengan cara tradisional. yaitu :

  • Hanya mendownload aplikasi dari sumber terpercaya, umumnya di google play
  • Melihat Testimoninya, apakah banyak yang kecewa atau merekomendasikannya
  • Melihat Votenya, jumlah vote bintang 5 semakin dipercaya
  • Jumlah Downloadnya, makin tinggi jumlah downloadnya makin terpecaya. Apalagi mendapat editors Choice

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *