Akhirnya Joomla 1.6 datang juga….

Joomla 1.6

Setelah beberapa versi Release Candidate dan Beta, Joomla 1.6 akhirnya datang juga.. versi ini adalah merupakan generasi paling baru yang lebih powerfull, lebih banyak fitur-futur tambahan dibandingkan versi terdahulunya.

Kini membangun website mulai dari skala sederhana sampai website kelas bisnis menjadi lebih mudah. Kemudahan ini menjadikan Joomla makin memantapkan diri sebagai salah satu Open Source CMS yang paling populer di dunia. Yang jelas apa yang belum di akomodir pada versi sebelumnya kini sudah dibenamkan pada versi terbaru ini. Fitur-fitur itu antara lain :

  • Kontrol hak akses pengguna yang lebih baik untuk menglihat dan mengedit konten berdasarkan kelompok-kelompok pengguna yang bisa diatur dengan mudah.
  • Struktur kategori berdasarkan keinginan pengguna, dari 1 tingkat kategori yang sederhana sampai ke kategori yang bertingkat-tingkat dan kompleks
  • Perbaikan proses instalasi yang memungkinkan penginstallan banyak ekstension dalam satu paket yang bisa diupdate juga dengan satu klik.
  • Perluasan dukungan bahasa untuk memberikan kemudahan bagi situs-situs multi-bahasa
  • Penentuaan waktu kapan sebuah module mulai ditampilkan dan kapan walktu berakhir ditampilkan, seperti halnya konten
  • Template-template baru yang indah dengan kode-kode semantik yang tidak hanya enak di pandang tapi juga disenangi search engine
  • Lebih banyak kontrol kreatif dalam pengaturan tata disain template
  • Ratusan fitur tambahan, perampingan sistem dan workflow

Dengan Joomla 1.6, para pengembang dapat membangun aplikasi lebih cepat melalui semua tahapan desain, deployment dan update. API yang lebih kaya dan advance akan memberikan kesempatan baru untuk mengintegrasikan, bersaing dan perluasan pasar-pasar yang telah ada maupun yang baru.

Perbaikan tata disain memberikan para desainer kontrol lebih besar dan kefleksibilitas untuk menciptakan efek-efek yang sempurna untuk setiap situs web dan audiensnya. Desainer dapat mengoverride hampir semua output dari halaman Administrator Joomla sehingga menimbulkan peluang bagi fungsi-fungsi baru, aksesibiliti akses atau bahkan halaman Administrator yang mobile-friendly. Masing-masing template Administrator dapat diassign kepada user tertentu sehingg memungkinkan webmaster untuk memberikan akses berdasarkan yang kebutuhan user.

bagi yang penasaran seperti apa rupanya joomla versi terbaru ini bisa langsung menuju TKP di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *