SHARE :

Selamat Jalan mr. Dennis Ritchie Ph.D

Terbit : 13 Oktober 2011 / Kategori : Teknologi Informasi / Komentar : 0 komentar / Author : Muh Resha

Setelah lama bergelut dengan penyakitnya, Dennis Ritchie, Pengembang Unix dan seorang ilmuwan komputer yang sangat dihormati di dunia programming, akhir pekan lalu meninggal dunia di usia 70.

dennis_ritchie

dennis_ritchie

Om Dennis Ritchie selain sangat dikenal sebagai pencipta bahasa C juga dikenal sebagai salah satu pengembangan UNIX bersama Ken Thompson. Ritchie menghabiskan sebagian besar karirnya di Bell Labs, yang pada saat bergabung pada tahun 1967 adalah salah satu penyedia ponsel terbesar di AS dan memiliki salah satu lab yang paling terkenal di Amerika Serikat.

Kerja sama dengan Thompson (yang telah menulis B) di Bell tahun 60-an berlanjut dan mengembangkan sistem operasi yang lebih efisien untuk mini komputer, sehingga dalam rilis Unix (berjalan pada DEC PDP-1) pada tahun 1971.

Meskipun Unix murah dan kompatibel dengan hampir mesin apapun, yang memungkinkan pengguna untuk menginstal berbagai sistem perangkat lunak, OS ditulis dalam mesin (atau perakitan) bahasa, yang berarti bahwa ia memiliki kosakata yang kecil dan menderita dalam kaitannya dengan memori.

Pada tahun 1973, Ritchie dan Thompson telah menulis ulang Unix di C, mengembangkan sintaks, fungsi dan masa depannya untuk memberikan kemampuan bahasa untuk mengelola sistem operasi. Kernel diterbitkan pada tahun yang sama.
Saat ini, C masih menjadi yang paling populer kedua bahasa pemrograman di dunia (atau setidaknya bahasa yang baris kedua kode telah ditulis), dan diantar di C dan Java, sedangkan pekerjaan pasangan itu di Unix menyebabkan, antara lain hal, Linus Torvalds ‘Linux. Pekerjaan telah tanpa ragu membuat Ritchie salah satu yang paling penting, jika tidak kurang diakui, insinyur dari era modern.

Karyanya, khususnya dalam kaitannya dengan UNIX, menyebabkan dia menjadi penerima gabungan dari Turing Award dengan Ken Thompson pada tahun 1983, serta sebagai penerima National Medal of Technology pada tahun 1998 sejak saat itu-presiden Bill Clinton

Selain itu di wikipedia : http://en.wikipedia.org/wiki/Dennis_Ritchie , mendapatkan sejumlah penghargaan internasional untuk karyanya, termasuk Turing Award di tahun 1983, IEEE Richard W. Hamming Medal di tahun 1990 dan National Medal of Technology di tahun 1999, semua diperoleh bersama Ken Thompson. Saat pensiun di tahun 2007, posisi terakhirnya adalah Kepala Departemen Riset Lucent Technologies

Berita Lainnya

Wisuda Profesi Insinyur
23 Oktober 2021
Wisuda Profesi Insinyur
Author : Muh Resha
Pengambilan Sumpah Insinyur
21 Oktober 2021
Pengambilan Sumpah Insinyur
Author : Muh Resha
Perjaka : Persatuan Pejalan Kaki Bukit Baruga
23 Mei 2021
Perjaka : Persatuan Pejalan Kaki Bukit Baruga
Author : Muh Resha
Milad ke-23 Dipanegara Computer Club
14 September 2020
Milad ke-23 Dipanegara Computer Club
Author : Muh Resha
Penghuni Basecamp 1998
6 Juni 2020
Penghuni Basecamp 1998
Author : Muh Resha
Ubiquitous Learning
6 April 2020
Ubiquitous Learning
Author : Muh Resha


Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.