SHARE :

Me-marketing-kan Linux dan Open Source, mari kita lanjutkan….

Terbit : 14 Oktober 2009 / Kategori : linux / Komentar : 3 komentar / Author : Muh Resha

daeng_tuxSepenggal cerita yang tertinggal dari pelaksanaan Indonesia Linux Conference 2009 lalu..  Sangat terasa benar betapa kita membutuhkan lebih banyak event sejenis untuk “memarketing”-kan linux.

Sosialisasi yang lebih sering akan membuat keingintahuan end-user semakin tinggi. Apa yang telah di lakukan oleh aktifix linux dan open source – terutama pak Rusmanto dan P Made Wiryana – sejak awal-awal linux dikenal di Indonesia adalah contoh Marketing linux yang terus bergulir.. seperti bola salju yang terus membesar dan makin banyak pengikutnya.

Memarketingkan linux haruslah memiliki keahlian menjual. Mengerti betul keunggulan Linux dibanding Sistem Operasi lain yang banyak dipakai orang, meskipun tidak mengerti secara mendalam teknis setting konfirgurasi server, security dan hal-hal “berat” lainnya di Linux.

Yang diperlukan adalah keahlian berbicara, menulis dan menyampaikan Linux yang dapat dimengerti oleh orang awam. Selain keahlian tersebut diatas Marketer juga diwajibkan pandai mendemokan kelebihan linux langsung dihadapan calon pengguna. Hal yang didemokan adalah keunggulan mutlak yang tidak dimiliki oleh Sistem Operasi lain seperti Bebas Virus, Efek-efek Desktop seperti Compiz dan tidak melanggar HAKI karena bukan bajakan.

Apabila calon pengguna linux tersebut makin penasaran maka marketer dapat menyampaikan kelebihan linux lainnya seperti : berbiaya murah (terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat), proses instalasi semakin mudah, full customized, update aplikasi yang mudah dll.

Upaya-upaya marketing linux yang makin bervariatif dan menjangkau lingkungan yang lebih luas senantiasa akan semakin membuat linux memasyarakat… semakin membumi dan akhirnya.. dalam waktu yang tidak terlalu lama, Linux akan menjadi hal yang umum, populer dan semakin banyak peminatnya.

Marketer linux-pun memiliki rasa bangga, tanpa bayaran sekalipun selalu semangat untuk terus mensosialisasikan linux kepada lingkungan sekitarnya dan untuk itulah dengan bangga kita bisa mengatakan.. Pakai Linux, Mari kita lanjutkan…

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Berita Lainnya

Wisuda Profesi Insinyur
23 Oktober 2021
Wisuda Profesi Insinyur
Author : Muh Resha
Pengambilan Sumpah Insinyur
21 Oktober 2021
Pengambilan Sumpah Insinyur
Author : Muh Resha
Perjaka : Persatuan Pejalan Kaki Bukit Baruga
23 Mei 2021
Perjaka : Persatuan Pejalan Kaki Bukit Baruga
Author : Muh Resha
Milad ke-23 Dipanegara Computer Club
14 September 2020
Milad ke-23 Dipanegara Computer Club
Author : Muh Resha
Penghuni Basecamp 1998
6 Juni 2020
Penghuni Basecamp 1998
Author : Muh Resha
Ubiquitous Learning
6 April 2020
Ubiquitous Learning
Author : Muh Resha


3 komentar

isnuansa

Rabu, 14 Okt 2009

saya masih pake windows pak.

resha

Sabtu, 17 Okt 2009

usul…. Jangan dilanjutkan he he he 🙂

Ade Malsasa Akbar

Rabu, 11 Jun 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Terima kasih untuk Kang Resha yang terus menyosialisasikan Linux dan FOSS di Indonesia. Saya mengundang akang untuk singgah di #ubuntu-indonesia @ freenode. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.