Belajar Buat Toko Online dengan Prestashop

prestashop CMS - online store

Rencana awalnya untuk share CD Linux bagi yang kesulitan mendownload Distro terbaru. Beberapa Distro terbaru sudah saya punya seperti ubuntu 10.10, Fedora, Suse Linux, Mandriva, Slackware dll.

Cara publikasinya saya pilih dengan sistem online shop supaya lebih teratur, gampang kelolanya dan menjangkau teman2 di daerah pelosok yang sudah ada akses speedy-nya.

Berkembang ide ini untuk menambah jualan berupa Software Aplikasi, Baju-baju special edition, merchandise dll.. termasuk jualan accessories wanita, baju kaos dan kemeja spesial hasil hunting ke beberapa butik dan toko baju dalam dan luar negeri (ini spesial request dari mamanya anak2… ).

Dari beberapa referensi di internet untuk web online store ini terjaring Joomla – Virtuemart, WordPress, Prestashop, oscommerce. selain CMS opensource ini ada banyak lagi yang lain. Setelah menimbang-nimbang dan nanya-nanya teman akhirnya saya pilih prestashop.

Meskipun saya berpengalaman lama di Joomla dan WordPress, ternyata untuk buat toko online yang simple Prestashop lebih menarik. Ukuran file source nya lebih kecil 7.7MB, instalasinya mudah dan cepat dan tersedia ratusan module2 tambahan.

Rencananya mau dimasukkan di subdomain : http://toko.makassar.web.id/ (masih kosong) .. mungkin butuh waktu 2-3 hari untuk online.

1 Comment

  1. Kawan saya email salinan artikel nie pada saya…
    katanya idea2 dalam blog awak memang menarik… saya dah bookmark ..

    terima kasih dan kalau boleh nak mintak izin share kat fb…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*