Mahasiswa dan Ujian

seperti kebiasaan kuliah di perguruan tinggi selalu ada ujian diakhir matakuliah. Model ujian yang paling umum dan paling mudah bagi dosen adalah soal essay. mahasiswa meyiapkan selembar kertas (atau disiapkan oleh kampus) dan menjawab sejumlah soal yang diberikan dosennya.

Dari sejak jaman oemar bakri sampai jaman professor emeritus saat ini model tersebut paling sering digunakan. Padahal saat ini banyak alternatif cara lain untuk mengetahui sejauh mana proses belajar mengajar itu dapat dimengerti oleh mahasiswa.

ujianpoltek

Khusus matakuliah komputer, alternatif model yang dapat dicoba adalah Memberi ujian praktek. menguji source code dariĀ  program spesifik yang sudah ditentukan, menuliskan kembali materi yang telah diajarkan kedalam blog.

Cara terakhir ini yang sedang saya coba pada mahasiswa saya. Setiap mahasiswa kelas Java yang saya ajar wajib membuat blog. menuliskan minimal 1 tulisan setiap pertemuan. materi boleh dipadukan dengan sumber lain yang sejenis.

Cara ini melatih mahasiswa untuk menuliskan kembali materi yang sudah di ajarkan, berlatih menulis dengan lebih terstruktur, belajar meramu suatu topik dari berbagai sumber dan akhirnya mahasiswa mendapat keahlian lebih dari sekedar menjawab soal-soal di kertas.

Begaimana menurut anda…?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*