Pelatihan Applied Approach 2015

Setelah menunggu 2 angkatan akhirnya saya mengikuti pelatihan Applied Approach angkatan ke-3 yang dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah IX tanggal 28 september sampai 1 oktober di tahun 2015 ini. Bagi seorang dosen, Pelatihan ini sangat diperlukan untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dijalankan selama ini karena didalamnya terdapat materi-materi yang dapat mendukung kelancaran proses belajar-mengajar.

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini bertujuan untuk memperbaiki persiapan dosen dalam mengajar, ada standar kompetensi yang ingin di capai. Salah satunya adalah merubah model pembelajaran dari Teacher Centered Learning menjadi Student Center Learning.

20151001_132002_HDR

Kami diajarkan cara merancang perkuliahan untuk mencapai kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh mahasiswa. Perlu ada evaluasi yang berkelanjutan untuk mencapai kompetensi itu seperti perencanaan yang baik mengenai materi, perencanaan mengenai membuat soal agar dapat menggambarkan student outcome yang diinginkan, gaya mengajar yang baik dan difahami mahasiswa, termasuk memeriksa tugas/ujian dengan lebih teliti.

Banyak Dosen mengukur nilai hanya dari UAS, UTS dan Kehadiran saja, padahal aspek penilaian yang baik juga harus mengukur Tugas, Sikap dan keaktifan mahasiswa dalam kelas. Banyak mahasiswa dengan IP tinggi tapi tidak berhasil dalam dunia kerja. Disini peran dosen agar supaya mahasiswa juga belajar banyak tentang Beradaptasi dengan lingkungan kelasnya, Belajar menyampaikan pendapat dan belajar mendengarkan pendapat temannya.

Proses perbaikan yang terus menerus oleh Dosen diperlukan untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya kelak.

 

20150928_074633

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*