Indonesia Creative Open Source Software

resha01Surabaya, 23-24 April 2014 ada event Indonesia Creative Open Source Software diundang sebagai pembicara untuk materi workshop Responsive Web Design / Content Management System. Event ini dibuat oleh inixindo bekerjasama dengan AOSI (Asosiasi Open Source Indonesia), Kemkominfo, Pandi, ID-SRTII, Microsoft dan Telkom Indonesia.

Event Konferensi Nasional tentang Open Source masih bisa dihitung jari bentuk kegiatannya di Indonesia. Apalagi Event yang mendatangkan para tokoh nasional Open Source adalah kegiatan langka. Pada hari itu ngumpul mulai dari ketua AOSI ibu Betty Alisyahbana, Ketua Pandi Andi Budimansyah, Pak I Made Wiryana, Pak Rusmanto, Pak Ifik Arifin Pemimpin inixindo, Pak Budi Rahardjo, Pak Teddy S dll.

Tujuannya adalah bertemunya komunitas Open Source, Pengembang, inovator, pengusaha dan investor membahas tentang bagaimana membangun kerjasama yang erat antara pelaku bisnis dan pemerintah dengan komunitas open source, dengan tujuan untuk dapat memanfaatkan secara optimal aplikasi dan penerapan open source di Indonesia. Selain itu ada kompetisi Cyber Defense dimana Skenarionya Peserta akan disiapkan server dan mencari tool untuk membentenginya dari serangan luar. panitia sebagai penyerangnya dan di kompetisi ini peserta yang dapat membentengi servernya keluar sebagai juara. Ada juga Workshop Network, Android Developer Essential, Mobile Application dengan Phonegap, Raspberry Pi dan Responsive Web Design/ Content Management Systems . Materi yang disebutkan terakhir secara khusus pak Ifik menawarkan saya menjadi pembicaranya. Kebetulan sejak lama belajar tentang Joomla, yaitu Open Source untuk mengelola Website.

Spesial Thanks buat panitia dan pimpinan yang membuat acaranya lancar dan mudah-mudahan event ini menjadi agenda rutin tahunan. Amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.