Seri Belajar Joomla 3.3 : Bagian 5 Mengelola Menu

Cara mengelola menu di Joomla 3.x hampir sama dengan Joomla 2.5.x , yaitu memiliki menu level 1 sejajar dengan Site, Content, Component dll. Login ke halaman backend administrator dan pilih menu : Menu – Menu Manager pada toolbar sepeti gambar di bawah ini :

21Menu

Kemudian Klik tombol hijau New dan masukkan  Title, Menutype dan Description. Minimal anda wajib mengisi Title yaitu Judul Menu yang akan tampil pada backend dan Menutype : digunakan oleh joomla untuk membedakan dengan menu lainnya (1 kata tanpa spasi). Description boleh diisi boleh tidak, hanya untuk menuliskan penjelasan menu.

Klik Tombol Save untuk menyimpannya ke database dan membuat menu baru tampil. Cara yang sama berlaku untuk menu-menu lainnya yang ingin dibuat.

Menambah Menu Item Baru.

Setelah menambah menu baru, maka di dalam menu tersebut dapat dibuatkan menu item baru. Caranya : Pada menu manager pilih menu utama yang diinginkan untuk dimasukkan menu item baru. Biasanya menu ini berupa link ke artikel yang sudah dibuat. Pada Menu Item Manager klik Toolbar New untuk membuka layar baru New. Pilih jenis menu yang diinginkan. Sebagai contoh pilih link berita yang sudah dibuat Internal Link > Articles > Article Layout. lengkapi kotak isiannya dan jangan lupa akhiri dengan mengklik tombol Save.

Selain membuat Item Baru, anda juga dapat mengubah urutan menunya, Memindahkannya pada posisi lain, atau membuat sub menu baru di dalamnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*