Sekilas Curhat tentang Joomla.

Sejak dulu saya menggunakan joomla untuk membuat beraneka ragam web. Tepatnya sekitar tahun 2003 saat masih bernama mambo, saya belajar banyak dari sumber utamanya di mamboserver.com . tapi sayangnya tahun 2005 banyak programmer utamanya menyatakan mundur dari Tim Developer Mambo dan membuat CMS baru bernama Joomla.

Logo Joomla
Sampai saat ini di tahun2012, masih tetap setia menggunakan joomla.  Itu berarti hampir 10 tahun saya menggunakannya untuk membuat web client. Kekuatan utamanya saat itu adalah :  Simple dan ringan, hanya berukuran 1.44MB yang bisa di copy ke disket kecil. Sederhana tapi desainnya elegen mengalahkan CMS sejenisnya seperti PHPNuke dan PostNuke.

Kini Joomla sudah hampir mendekati versi 3.0 dengan fitur yang makin banyak dan ukuran yang makin besar. Sesungguhnya ini sudah menandakan peningkatan performa yg sangat tinggi. Jumlah dukungan extensions-nya tidak sedikit, ada sekitar 9899 extension berupa Component, Module dan Plugin (saat sy menulis artikel ini – lihat http://extensions.joomla.org) yang berarti segala macam jenis website dapat di buat dengan joomla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.