Free Seminar Android..

Seminar Android Makassar

Kamis, 23 September 2010 bertempat di Baruga Prof Ahmad Amiruddin Universitas Hasanuddin saya mengikuti Free Seminar dan Tutorial : Introduction to Android. Event ini satu dari sedikit event tentang Android yang pernah di adakan di Makassar.

Mungkin karena teknologi tergolong baru, mungkin juga belum banyak yang tahu atau kurangnya minat. Padahal salah satu isu dan trend teknologi nanti cenderung mendekatkan fungsi Komputer dan Komunikasi dalam satu alat, dalam genggaman.

Event ini dibuka oleh Pak Handoko – Manager IM2 Makassar yang menjelaskan trend teknologi terbaru (tidak banyak info tentang Android). Pembicara Kedua dari Developer Aplikasi Mobile – Pak Andry. Cukup bagus menjelaskan Android bagi orang awam. lebih banyak tentang fitur-fiturnya termasuk sejarahnya.

Dijelaskan juga tentang Versi Android yang memakai nama makanan sebagai code name versinya seperti versi 1.5 Cupcake, versi 1.6. Donut, versi 2.0, 2.0.1,2.1 EClair (Kue Sus) dan terakhir versi 2.2 Froyo (asal kata dari Frozen Yughurt) . Perhatikan huruf awal setiap versi.. sama seperti penamaan kode versi di kebanyak distribusi Linux menggunakan urutan alphabet untuk setiap rilis terbarunya.

Pembicara selanjutnya Pak Adi Android. Sebenarnya harapan saya pada materi ini menjelaskan Android lebih dalam dan lebih dalam lagi… 🙂 tapi dari slide ke slide info yang ditayangkan hanya informasi dasar saja. padahal saya berharap ada demo membangun aplikasi sederhana. meskipun bahan dasarnya dari Java dan C minimal ada cara sederhana yang ditunjukkan.

Kekuatan Android yang sebenarnya ada pada keleluasaan untuk membangun aplikasi sendiri, yang ini tidak ada di OS lain. yah… mudah2an ada event lain yang membahas ini… atau belajar sendiri saja kali ya…? ada yang tertarik…? ayo gabung di http://android-makassar.blogspot.com …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *